Tuesday, March 12, 2013

SEBERAPA MAHAL DIRI KITA?


Ada 3 botol minuman yang diproduksi di pabrik yang sama. Pagi itu ketiga botol dimasukkan ke dalam truk untuk diantarkan ke berbagai tempat. Truk itu berhenti di pasar lokal. Botol yang pertama kemudian dijual dengan harga 5000 rupiah. Truk melanjutkan perjalanannya kembali untuk mengantar botol yang kedua yaitu pada pusat perbelanjaan di tengah kota. Oleh pelayan toko tersebut, botol dijual dengan harga 9000 rupiah.

Sampailah truk pada pemberhentian terakhir yaitu di otel berbintang. Botol itu tidak dijual akan tetapi disimpan dan baru dikeluarkan pada saat ada orang yang memesannya. Oleh pelayan hotel, minuman pada botol tersebut dituangkan pada gelas kristal yang penuh dengan bongkahan-bongkahan es. Orang-orang yang menikmatinya pun tidak mempermasalahkan berapa harganya. Akan tetapi pada saat nota diberikan, tertulis bahwa harga minuman itu sebesar 50.000 rupiah.
Minuman dalam botol tersebut memiliki kualitas yang sama, rasa yang sama, diantar oleh truk yang sama, dan diproduksi oleh pabrik yang sama. Lalu mengapa harga dari ketiga botol minuman tersebut berbeda?
Lingkungan dimana botol-botol minuman itu berada, mencerminkan sebuah harga.Saat botol-botol itu berada pada lingkungan yang baik dan berkualitas, maka harganya pun semakin baik.
Lingkungan mencerminkan suatu relationship/hubungan. Lingkungan dapat mempengaruhi kualitas hidup kita. Saat kita berada pada lingkungan yang buruk, maka lingkungan tersebut akan meng-kerdil-kan kita. Apabila kita berada pada lingkungan yang baik, maka lingkungan tersebut akan membantu mengeluarkan semua sisi baik dalam diri kita.
Bergulah dengan orang-orang yang baik. Bangunlah suatu hubungan yang dilandasi dengan kasih. Sebelum kita melakukan hubungan keluar dengan orang lain, terlebih dahulu mari kita perbaiki hubungan kita dengan Tuhan. Saat kita bergaul dengan Tuhan, maka kita akan memiliki kualitas hidup yang berbeda dengan dunia.

Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang.

Matius 5:13

No comments:

Post a Comment