Friday, March 8, 2013

TAHUKAH ANDA ? SIAPA & BAGAIMANAKAH “ALLAH” UMAT KRISTEN ITU ?Post title

KEPADA ALLAH YANG TIDAK DIKENAL

Di dalam Kisah Rasul 17:16-34, rasul Paulus memberitakan Injil di sebuah kota bernama Atena. Ketika rasul Paulus berjalan2 di kota itu, didapatinya praktik penyembahan yg dilakukan penduduk kota Atena thd berhala-hala (Kis 17:16). Dan salah satu pemujaan penduduk kota itu berupa patung yg diberikan nama: “KEPADA ALLAH YANG TIDAK DIKENAL”.


“Sebab ketika aku berjalan-jalan di kotamu dan melihat-lihat barang-barang pujaanmu, aku menjumpai juga sebuah mezbah dengan tulisan: Kepada Allah yang tidak dikenal. Apa yang kamu sembah tanpa mengenalnya, itulah yang kuberitakan kepada kamu.” (Kisah 17:23).

Sejarah masyarakat dunia, karena mempunyai nilai-nilai religious (aspek rohani) senantiasa bergumul untuk mencari & menemukan “allah”. Tetapi dalam kenyataannya “allah” yg ditemukan & dijadikan sesembahan/pujaan itu adalah BUKAN ALLAH YANG SEJATI, melainkan “allah” buatan manusia itu sendiri. “allah” yg disembah/dipuja oleh kebanyakan masyarakat dunia adalah: patung, berhala (buatan tangan manusia), atau hasil dari konsep2 (ide-ide) keyakinannya sendiri, yaitu berupa dewa-dewi.

Kalau di Athena begitu banyaknya dewa-dewi sampai2 ada yang dinamankan “Kepada Allah yang tidak dikenal”, begitu pula di Efesus, ada dewi yg terkenal bernama “Artemis” (Kisah 19:24,27-28,34-35).

Di dalam Kamus Alkitab, diperkenalkan juga berbagai dewa-dewi sesembahan bangsa2 Kanaan & sekitarnya:
1) "Asyera" = dewi penduduk asli tanah Kanaan; diyakini sbg istri Baal;
2) Asytoret = dewi kesuburan orang Sidon;
3) Baal = gelar dewa2 penduduk asli tanah Kanaan;
4) Dagon= dewa utama sesembahan orang Filistin;
5) Milkom = dewa sesembahan bani Amon;
6) Molokh = dewa sembahan bani Amon. Perhatian dng teliti: setiap nama "dewa" (yg disembah) selalu diberikan keterangan 'sembahan' (yg disembah = allah).
7) Di Babelonia ada dewa Bel dan Nebo (Yesaya 46:1)

8) Di Yunani ada 12 dewa-dewi : (1) Zeus adalah pemimpin/raja para dewa, penguasa Olimpus, dewa iklim, dewa petir, dan cuaca. (2) Hera, istri Zeus, ratu para dewa, adalah dewi pelindung pernikahan, pengorbanan, dan kesetiaan. (3) Poseidon adalah dewa laut,gempa bumi, dan bapak bangsa kuda. (4) Ares adalah dewa perang dan pembantaian. (5) Hermes adalah dewa penunjuk jalan, pelindung para petualang, penggembala, dan penghibur. Ia juga utusan dewa Zeus. (6) Hefaistos adalah dewa api, tukang kayu, penempa besi, dan pengrajin senjata. (7) Afrodit adalah dewi cinta, seks, dan keindahan fisik. (8) Athena adalah dewi kebijaksanaan, perang, keindahan jiwa, seni, dan pendidikan. (9) Apollo adalah dewa matahari, cahaya, musik, tarian, obat-obatan, dan pelindung para pemanah. (10) Artemis adalah dewi bulan, pelindung hewan, perburuan, kesuburan, dan kesucian. Merupakan saudara kembar Apollo (11) Demeter adalah dewi bunga, tumbuh-tumbuhan, makanan, argraris ,dan pelindung perkawinan. (12) Hestia adalah dewi pelindung rumah, keluarga, dan perapian.

Sebelum mengenal Allah bg umat Kristen, kita perlu memahami makna/arti “allah” terlebih dulu.
"Allah" (Ulangan 5:6), atau: "allah" (ULangan 5:7), dari bhs Ibrani: "Elohim" (Inggris: God; atau gods; Bhs Yunani “Theos”) = YANG DISEMBAH & DIPUJA.

Jadi apapun dan siapapun yg disembah dan dipuja oleh manusia (atau suku bangsa), ia menjadi "allah" bagi orang (mereka) tsb. Dalam penulisannya, LAI membedakan antara “Allah” (diawali huruf besar - Ul 5:6) dng “allah” (ditulis huruf kecil semua - Ul. 5:7). “Allah” (diawali huruf besar) maksudnya adalah Allah bangsa Israel/Kristen. Sedangkan “allah” (ditulis huruf kecil) adalah allah sesembahan bangsa-2 non Israel (Band. I Korintus 8:5).

Jadi siapakah Allah (= yang disembah & dipuja) bangsa Israel & umat Kristen ?
Yaitu Allah, Pencipta langit dan bumi beserta isinya. Allah, Pencipta alam semesta inilah yg telah membebaskan Israel dari perbudakan di tanah Mesir. Allah, Pencipta alam semesta inilah yang menciptakan alam semesta dng kuasa FirmanNya (Kejadian 1); yang punya nama, yaitu "YHWH" (LAI: "TUHAN" - Keluaran 3:15). Dan Allah, Pencipta langit dan bumi inilah yang mengutus Yesus Kristus (Sang Firman Allah) menjadi Tuhan & Juruselamat bagi umat yang percaya kepadaNya (Matius 1:21); YANG DIPERKENAL OLEH YESUS KRISTUS untuk kita sapa sebagai "BAPA SORGAWI”.

Allah, Pencipta alam semesta ini mempunyai beberapa SIFAT UTAMA:
* MAHA KASIH;
* MAHA KUASA;
* MAHA KEHENDAK;
* MAHA MUTLAK;
* MAHA BENAR & MAHA ADIL;
* MAHA SUCI & MAHA MULIA.

PENGENALAN UMAT KRISTEN KEPADA ALLAH YANG BENAR (PENCIPTA ALAM SEMESTA) INI TERJADI DALAM NAMA & OLEH KARENA : YESUS KRISTUS. DAN OLEH HAL ITULAH UMAT KRISTEN MENGALAMI HIDUP YANG KEKAL:
“Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.” (Yohanes 17:3).

Renungan (by Suryadi,Pdt.) tgl. 7 Maret 2013 pk. 09.25 WIB.

sumber'Suryadi Pdt

No comments:

Post a Comment